Peluang Bisnis Tote bag yang Menjanjikan

Tote bag merupakan jenis tas bahu atau “tas cangklong” yang dikenakan dengan cara menggantungnya di pundak ataupun dijinjing menggunakan satu tangan. Belakangan ini tote bag cukup populer. Baik di kalangan para pelajar, traveler, pekerja, dan sejenisnya. Pengunaannya fleksibel dan luas, alias dapat digunakan oleh siapa saja dan dimana saja. Tote bag sendiri merupakan tas klasik Amerika yang biasa digunakan untuk membawa barang-barang yang simple. Contohnya: buku, make up simple, ponsel & charger, dan barang-barang kecil lainnya.

Desainnya sederhana namun cantik dan elegan dengan berbagai variasi motif, desain, dan warna. Pada awal kemunculannya, tote bag ini memiliki bentuk yang besar dan terbuka dengan pegangan di bagian tengah.

Untuk jenis tote bag klasik biasanya menggunakan tali melengkung. Tapi, sekarang ini variasi talinya lebih beragam. Desainnya pun dibuat lebih ringkas sehingga elegan dan mudah digunakan.

Saat ini, di tengah perkembangan trend fashion yang semakin pesat. Tote bag telah menjelma menjadi bagian dari fashion untuk melengkapi outfit yang dikenakan seseorang.

Sebab itulah, kamu mungkin sering menemukan orang-orang yang membawa tote bag ketika piknik, wisata, kuliah, atau sekedar nongkrong dan jalan-jalan santai.

Keunggulan Tote bag

Sebelum mulai membahas mengenai peluang tote bag sebagai ide bisnis dan usaha. Ada baiknya, kita membahas dulu seputar keunggulan tote bag yang membuat banyak orang menyukainya:

Nah, ini dia beberapa alasan mengapa tote bag sangat populer dan banyak diminati:

Desain Simple dan Ringkas

Dibandingkan backpack atau tas punggung, tote bag ini memiliki desain yang lebih ringkas. Bentuknya seperti kantong yang bisa ditaruh di bahu atau dijinjing. Aktivitas mengambil barang dari dalam tas pun akan lebih mudah.
Fungsional

Meskipun desainnya sederhana dan ringkas, namun tote bag ini cukup fungsional. Kamu bisa menggunakannya untuk kantong belanja, tas sekolah, pelengkap fashion, dan membawa barang-barang yang tidak terlalu besar/berat.

Jalan-jalan ke mall tentu saja akan lebih fleksibel jika kamu menggunakan tote bag dibanding backpack besar.

Murah

Salah satu daya tarik tote bag adalah harganya yang murah. Bahkan, ada yang menjual tote bag sederhana dengan harga mulai dari 20 ribu rupiah saja!
Trendy

Keunggulan tote bag lainnya adalah desainnya yang trendy dan cocok dipadukan dengan berbagai outfit. Tampilannya yang casual dan elegan membuatnya bisa di-mix and match dengan beragam outfit.

Mulai dari jeans, jaket, sneakers, kaos, dan sejenisnya. Penggunaan tote bag akan membuat outfitmu tampil lebih santai dan modis.

Pilihan yang Beragam

Bosan dengan desain tas yang begitu-begitu saja? Tote bag bisa jadi pilihan alternatif terbaik lho!

Ukuran, model, warna, pola, gambar, tulisan, dan motif tote bag pun sangat beragam.

Bahkan, kamu bisa memesan tote bag custom sesuai dengan desainmu sehingga lebih menarik.

Peluang Bisnis Tote bag

Bicara mengenai peluangnya, bisnis tote bag ini cukup menjanjikan. Apalagi peminatnya banyak dan cocok untuk berbagai kalangan dan usia, sehingga segmentasi pasarnya lebih luas.

Tote bag juga merupakan salah satu bagian dari trend fashion yang selalu berkembang. Jadi, sebelum memulai bisnis tote bag pastikan kamu sudah melakukan riset tentang kondisi pasar terkini.

Coba pertimbangkan model tote bag lama, apakah masih relevan dan diminati atau tidak? Cari referensi model tote bag yang saat ini diminati.

Tentukan juga konsumen potensialmu, sebab hal ini akan mempengaruhi harga jualnya. Contohnya, jika kamu menyasar konsumen menengah atau menengah ke bawah.

Pastikan harga jual produkmu affordable. Mulai dari puluhan ribu rupiah per pcsnya. Untuk kualitasnya tetunya standard karena targetnya adalah menyediakan tote bag dengan harga terjangkau.

Meskipun begitu, kamu bisa membuat produk tersebut semakin menarik dengan variasi warna, motif, dan gambar. Contohnya dengan memberikan sablon atau bordir di permukaannya sehingga tampilannya lebih cantik.

Untuk konsumen kelas menengah keatas, konsep utamanya adalah tote bag berkualitas dan eksklusif. Kesan premium ini akan membuat beberapa orang tertarik untuk membelinya, meskipun harganya mahal.

Kamu juga bisa menyediakan layanan tote bag custom, alias konsumen bisa memilih desain dan tampilan yang mereka inginkan. Untuk jumlah pemesanan minimalnya tergantung kemampuan produksi dan margin keuntungan.

Bisa minimal 2, 5, atau lebih. Jangan lupa berikan diskon khusus dan penawaran menarik untuk pembelian dalam jumlah banyak.

Untuk ide dan peluang bisnis tote bag sendiri sangat beragam. Kamu bahkan bisa memulai bisnis ini dengan modal minim. Untuk lebih tahu seputar keuntungan dan modal awal bisnis totebag, simak pembahasan selanjutnya ya.

Modal dan Estimasi Keuntungan Bisnis Tote Bag

Ketika membicarakan peluang, tentunya kita tak terlepas dari pembahasan seputar keuntungan (uang). Untukmu yang tertarik membangun bisnis tote bag kecil-kecilan dengan target konsumen menengah dan menengah kebawah. Berikut ini estimasinya:
Modal

Modal ini terdiri dari 2 yakni biaya variabel dan biaya tetap. Biaya variabel sifatnya fluktuatif, sebanding dengan jumlah barang yang diproduksi.

Makin banyak jumlah produk yang dibuat, maka makin besar biayanya. Biaya variabel ini mencakup biaya bahan, benang, sablon, dan biaya overhead.

Untuk biaya tetap, sifatnya rutin dan pasti selalu ada. Biaya ini tidak dipengaruhi oleh volume produksi. Contoh: gaji karyawan tetap dan sewa tempat.

Contoh perhitungan biaya variabel dan tetap untuk bisnis tote bag:

Biaya Variabel

Untuk menghasilkan 1000 pcs tote bag siap jual, estimasi biaya variabel (termasuk bahan dan sejenisnya) Rp 12.000/pcs. Artinya, total biaya variabel untuk 1000 pcs adalah Rp 12.000.000.

Biaya Tetap

Agar lebih mudah memproyeksikan keuntungan bulanannya, kamu bisa membagi biaya variabel ini per bulan. Berikut contohnya:

  • Produksi, dilakukan di rumah sendiri. Jadi, biaya sewanya Rp 0
  • Biaya listrik Rp 250.000
  • Biaya gaji 1 orang karyawan tetap Rp 2.000.000

    Total biaya tetap Rp 2.250.000/bulan

    Kemudian jumlahkan ke seluruh biaya operasional bulannya. Rp 12.000.000 + Rp 2.250.000 = Rp 14.250.000.

    Estimasi biaya operasional untuk tiap pcs tote bag adalah: Rp 14.250.000: 1000 pcs= Rp 14.250

    Untuk usaha yang baru dirintis, jangan lupa siapkan modal awal untuk pembelian alat-alat produksi. Contoh: Pembelian mesin jahit & sablon Rp 12.000.000 (hanya 1 kali).

    Pembelian aset ini jangan masuk ke laba/rugi bulannya. Anggap saja pembelian aset ini sebagai investasi untuk bisnis.

Perkiraan Keuntungan

Anggap saja 1000 pcs tote bag tersebut terjual semua, atau kamu sudah punya pedagang/pengecer untuk disetori. Jika harga jual per pcsnya adalah Rp 20.000. Maka, total pendapatan kotormu adalah: Rp 20.000.000.

Keuntungan yang diperoleh: Rp 20.000.000- Rp 14.250.000= Rp 5.750.000/bulan.

Atau sekitar Rp 5.750/pcs-nya.

Jika dibandingkan dengan rasio investasi aset awal, maka dalam kurun waktu 2,5 bulan saja kamu sudah balik modal dengan kapasitas produksi yang sama.

0 Komentar