Raup Keuntungan dari Usaha Sablon Merchandise

Memang utnuk memulai usaha sablon digital memang harus ditekuni, bisa dibilang susah susah gampang tetapi sebenernya usaha sablon custom merchandise sendiri sering sekali dicari oleh para pelanggan terutama brand-brand atau perushaan besar. Akan sangat banyak pesanan yang datang ketika para pemegang nama brand maupun perusahaan besar ini mengadakan suatu event atau kegiatan.

Usaha Sablon Merchandise Masih Menguntungkan

Untuk pangsa pasar usaha custom merchandise sendiri saat ini memang cukup luasloh, karena jumalah brand, perusahaan, bahkan komunitas di Indonesia itu jumlahnya sangat banyak. Artinya usaha custom merchandise ini bisa menjangkau segala kalangan.

Yang harus diperhatikan dalam usaha custom merchandise ini, kamu harus terus melakukan inovasi-inovasi baru seperti membuat berbagai jenis merchandise di media media yang unik seperti mousepad, flash disk, aksesoris handphone, dompet dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan yang berbeda dan jasa custom yang kamu miliki akan dikenal pelanggan sebagai jasa custom terlengkap.

Saat ini pun kamu juga sudah bisa melakukan penjualan tidak hanya secara offline melainkan online.  Gunakanlah berbagai jenis platform seperti social media, dan e-commerece. Dengan itu, jangkauan terhadap pelanggan pun jauh lebih mudah.

Macam-macam Merchandise

Tentunya ada banyak sekali jenis merchandise yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Yang terpenting, merchandise tersebut mampu membuat calon konsumen mengenal dan mengingat brand Anda dalam jangka panjang. Karenanya, berbeda dengan media promosi jenis lain, merchandise biasanya berupa barang harian yang sering digunakan.

Semakin sering orang menggunakan produk merchandise yang diberikan, tentu akan semakin ingat juga orang tersebut kepada brand yang sedang Anda usung.

Kaos atau T-Shirt

Kaos adalah jenis pakaian yang umumnya digunakan oleh banyak orang dan tidak terbatas pada jenis kelamin. Semua kalangan masyarakat, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, pasti bisa menggunakan jenis pakaian ini saat sedang menjalani aktivitas sehari-hari baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

Karena fungsinya tersebut, kaos bisa menjadi bentuk merchandise sempurna yang bisa dipilih oleh perusahaan atau brand. Selain itu, menjadikan kaos sebagai media promosi juga tergolong sangat simpel, yaitu dengan cara menambahkan gambar atau tulisan di bagian depan atau belakangnya. Jenis kaos yang dipilih bisa berupa kaos oblong maupun kaos polo dengan ukuran all size.

Usahakan untuk memberikan desain unik dan bagus agar logo atau tulisan tersebut bisa menarik perhatian orang untuk melihatnya. Dengan desain yang menarik, penerima merchandise ini juga pasti tidak akan segan untuk menggunakannya kala beraktivitas ataupun melakukan kegiatan hariannya.

Tas, Goodie Bag, Paper Bag, atau Tote Bag

Sama halnya dengan kaos, tas juga termasuk sebagai barang yang umumnya digunakan di keseharian masyarakat. Sebagai contoh, tote bag termasuk sebagai salah satu produk fashion yang cukup populer di kalangan anak muda masa kini.

Karena potensi digunakannya terbilang tinggi, jenis produk tersebut tentu dapat dijadikan sebagai merchandise sekaligus media promosi. Beberapa jenis tas lain yang cocok dijadikan sebagai hadiah kepada pelanggan atau konsumen dan juga media periklanan adalah goodie bag, paper bag, maupun tas belanja.

Jam Dinding atau Jam Meja

Fungsinya sebagai penunjuk waktu yang bisa dilihat oleh banyak orang, jam dinding atau jam meja tentu mampu menjadi merchandise yang juga bisa mengenalkan sebuah brand atau perusahaan.

Stiker

Murah, bisa ditempel di mana saja, dan mudah didesain, stiker juga menjadi salah satu jenis merchandise yang cukup sering dipilih oleh perusahaan maupun instansi. Hal ini membuat barang tersebut sempurna dijadikan sebagai ajang untuk membangun brand, dan bisa digunakan oleh bisnis dari bidang apa pun.

Terlebih, tidak sedikit orang yang memiliki hobi untuk menempelkan stiker di berbagai barang ataupun untuk menghias ruangan. Jadi, secara tidak langsung, produk ini mampu mengingatkan pemiliknya akan keberadaan sebuah brand, atau mengenalkannya ke setiap orang yang melihatnya.

Mug atau Gelas

Mug atau gelas juga populer dijadikan sebagai merchandise oleh banyak perusahaan dan brand usaha. Baik itu dari bahan keramik atau stainless steel, mug atau gelas tentu akan menjadi barang yang selalu digunakan setiap harinya.

Flashdisk

Zaman sekarang, hampir semua orang membutuhkan flashdisk agar bisa menyimpan data atau file dan membawanya ke mana pun. Karena dicari oleh banyak orang, barang ini juga cocok dijadikan sebagai salah satu opsi pembuatan merchandise untuk diberikan kepada para pelanggan.

Helm atau Jaket

Walaupun mungkin tidak umum dijadikan sebagai merchandise, helm atau jaket bisa menjadi opsi hadiah yang menarik dan dibutuhkan oleh penerimanya. Selain itu, karena sering kali digunakan saat beraktivitas di luar ruang dan mudah dilihat, barang ini sudah pasti bisa menjadi media promosi yang efektif.

Payung

Payung yang biasanya digunakan di luar ruang juga dapat menjadi pilihan bentuk merchandise bagi sebuah brand sebagai media promosi. Tergantung ukurannya, payung yang memiliki logo atau nama sebuah brand bakal bisa dilihat dan dikenali oleh banyak orang.

Power Bank

Dapat digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone di mana saja, power bank juga menjadi barang yang wajib dimiliki oleh banyak orang. Karena itu, jika dijadikan sebagai merchandise atau hadiah dari sebuah brand, tentu hampir semua orang tertarik untuk mendapatkannya. Tidak harus yang mahal, ada banyak power bank yang dibanderol dengan harga terjangkau, atau memiliki kapasitas kecil dan ukuran mini agar budgetnya tidak membengkak.

Ballpoint atau Pensil

Alat tulis seperti pensil atau pulpen juga bisa dijadikan sebagai merchandise, khususnya pada acara workshop atau seminar. Agar semakin lengkap, tidak ada salahnya untuk melengkapinya dengan notebook atau map agar memberi kesan lebih positif terhadap penerimanya.

Gantungan Kunci

Selain produk di atas, gantungan kunci termasuk juga sebagai jenis merchandise yang biasanya dibagikan secara gratis oleh sebuah brand di acara atau event tertentu. Karena harganya yang murah dan bisa dipesan dalam jumlah banyak sekaligus, gantungan kunci dapat menjadi pilihan saat bingung memilih jenis merchandise.

Pin

Tidak jauh berbeda dengan gantungan kunci, pin juga dapat dijadikan sebagai pilihan aksesoris. Walaupun bentuknya kecil, pin bisa dipasang di baju atau tas sebagai tanda bahwa pemiliknya telah mengikuti acara atau kegiatan tertentu. Pin bisa juga dibuat dalam bentuk gantungan kunci agar lebih praktis digunakan oleh penerimanya.

Kipas Tangan atau Kipas Lipat

Kipas tangan mungkin identik dijadikan sebagai hadiah di acara pernikahan. Namun, jenis hadiah tersebut juga bisa ditiru oleh brand dan menjadikannya sebagai merchandise bagi para pelanggannya. Mudah dibawa ke mana saja, kipas lipat dapat dibuat dengan berbagai model, ukuran, serta desain yang bisa menggambarkan identitas sebuah brand.

Botol Minuman

Terakhir, rekomendasi barang untuk dijadikan sebagai usaha sablon merchandise adalah botol minuman. Jenis barang ini cocok dipilih oleh bisnis minuman agar bisa mengenalkan brand mereka ke masyarakat. Contohnya, bisnis minuman energi dapat membagikan botol minuman saat mengikuti sebuah event olahraga atau semacamnya.


0 Komentar